Tuesday, February 3, 2009

Sejarah Vespa





Piaggio didirikan pada tahun1884 di Italia oleh Rinaldo Piaggio. Pada awalnya Piaggio adalah syarikat yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta dan gerbong kereta api. Pada saat Perang Dunia Pertama berkecamuk, Piaggio memproduksi pesawat terbang.
Pada akhir Perang Dunia II, syarikat Piaggio di bom oleh pesawat sekutu. Setelah perang tamat, Enrico Piaggio mengambil alih Piaggio dari ayahnya (Rinaldo Piaggio). Pada saat itu ekonomi Italia sedang merosot, Enrico memutuskan untuk mengeluarkan alat transportasi yang murah
Dibantu oleh ahli pesawat terbang Corradino D’Ascanio, Enrico menciptakan sebuah design alat transportasi roda dua dengan inspirasi dan teknologi dari pesawat terbang. Berteraskan suspensi monoshock untuk memudahkan mengganti ban diadaptasi dari roda pesawat terbang, bahkan produk pertamanya benar-benar menggunakan roda depan pesawat terbang. Starter dibuat dari bagian komponen bom, serta bodinya diperbuat dari alumunium seperti bodi pesawat terbang.
Menurut berbagai sumber, Vespa di pasarkan pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Memang binaan Vespa jika dilihat dari atas terlihat seperti lebah.
Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di pasarkan di Jerman dan Inggris.
Selain Vespa, pada masa itu juga lahir berbagai model kendaraan roda dua jenis ini, seperti Lambreta, Zundap, Heinkel, NSU, Hummel.

0 Comments:

 

blogger templates | Make Money Online